Sebagai rasa terimakasihku untuk motorku yang
telah setia menemaniku dan sekarang motor ini sedang memerlukan perhatian
khusus akan ku bongkar dalamanmu. Kau adalah motor kesayanganku. Walaupun motor
tua, yang mungkin orang lain akan berpikir sepuluh kali untuk memilikimu tapi
aku senang mendapatkanmu.
Motorku adalah Yamaha F1ZR. Motor dilahirkan
tepat 10 tahun yang lalu. Dan telah kumiliki tepat 3 tahun yang lalu. Semenjak kumiliki
telah mengalami penggantian :
- · Ganti oli mesin : 2 kali
- · Ganti gear set + rantai : 1 kali
- · Ganti roda depan : 1 kali
- · Ganti ban dalam depan : 1 kali
- · Ganti ban dalam belakang : 1 kali
- · Ganti busi : 3 kali
- · Ganti seal knalpor : 1 kali
- · Ganti kampas rem depan : 1 kali
- · Ganti seal master rem depan : 1 kali
- · Service carburetor : 4 kali
- · Service sockbreaker depan : 1 kali
Sangat minim bukan untuk ukuran motor yang
sudah tua. Dan itu aku lakukan sendiri. Sekarang motor ini memerlukan
penanganan yang khusus. Gejala awalnya adalah tidak bisa langsam (idle). Setelah
carburetor dibersihkan dan disetting gejala ini tidak hilang.
Kemungkinan yang ke dua adalah adanya kebocoran
di system pengapian terutama dari daerah dibawah piston. Dan tersangka utamanya
adalah kebocoran dari seal Crankshaft Assy sebelah kiri (bagian magnet), tapi
yang sebelah kananpun kemungkinan bermasalah juga, karena ada kebocoran oli
juga dibagian mesin.
Sekalian ngebongkar aku dah siapkan juga
kalau-kalau plat kompling ama piston sudah aus kemungkinan akan ku ganti
sekalian.
Tahap pertama bongkar blok mesin sebelah kiri
buat nemukan seal crankshaft yang bermasalah, kemudian bongkar blok mesin
sebelah kanan bagian coupling. Sebelumnya oli mesin dikeluarkan terlebih dahulu
dan ternyata oli nya sudah agak berkurang. Kesimpulannya seal sebelah kananpun
sudah bocor.
Plat kompling setelah dicheck ternyata sudah
tipis. Ya… mau gak mau deh sekalian ganti.
Pembongkaran selanjutnya silinder head. Tragedy
terjadi. Salah satu baud nya patah. Ya udah lah sekalian bongkar sekalian
ganti. Kemudian bagian cylinder block dibongkar juga. Terbukalah piston yang
ternyata sudah oblak. Dan kesimpulannya piston diganti plus korter over size
dari 0,5 ke 0,75 mantaf dah….
Setelah semua dicheck dan part-part pengganti
disiapkan, mesin kembali dipasan seperti sedia kala. Berikut adalah list
penggantian part berikut harganya
- Oli mesin Shell : Rp. 27.000,-
- Seal Crankshaft kanan : Rp. 15.000,-
- Seal Crankshaft kiri : Rp. 15.000,-
- Piston oversize 0,75+ ring : Rp. 80.000,-
- Klip pin piston 2 pcs : Rp. 10.000,-
- Pin piston : Rp. 15.000,-
- Plat coupling : Rp. 30.000,-
- Busi : Rp. 10.000,-
- Baut tanam cylinder : Rp. 5.000,-
- Ongkos korter : Rp. 25.000,-
- Rokok, minum + makan : Rp. 35.000,-
Cuma dengan biaya Rp. 267.000,- motor Yamaha
F1ZR tahun 2002 ku sudah bisa turun mesin untuk penggantian coupling, seal,
piston + korter over size. Sangat hemat sekali bukan…. Inilah keuntungannya
motor 2 tak. Makanya sampai saat ini aku masih setia dengan motor 2 tak
walaupun motor tua plus jadul tidak apalah yang penting hemat.
4 komentar:
iya gan emg motor 2tak bener bener murah perawatannya.beda banget sama motor 4tak kayak jupiter mx kalo piston baret langsung kudu ganti block set 800rb lbh -_-
http://ikyrizki.student.ipb.ac.id/
Klo ganti laher bekhend sendiri susah gk ohm
Malam om kalo oli mesin suka abis kenapa ya om
Seal kruk as kanan + O ring bocor, harus ganti baru
Posting Komentar