Senin, 10 September 2012

Turun Mesin Motor Yamaha F1ZR


Sebagai rasa terimakasihku untuk motorku yang telah setia menemaniku dan sekarang motor ini sedang memerlukan perhatian khusus akan ku bongkar dalamanmu. Kau adalah motor kesayanganku. Walaupun motor tua, yang mungkin orang lain akan berpikir sepuluh kali untuk memilikimu tapi aku senang mendapatkanmu.
Motorku adalah Yamaha F1ZR. Motor dilahirkan tepat 10 tahun yang lalu. Dan telah kumiliki tepat 3 tahun yang lalu. Semenjak kumiliki telah mengalami penggantian :
  • ·         Ganti oli mesin                        : 2 kali
  • ·         Ganti gear set + rantai             : 1 kali
  • ·         Ganti roda depan                    : 1 kali
  • ·         Ganti ban dalam depan           : 1 kali
  • ·         Ganti ban dalam belakang      : 1 kali
  • ·         Ganti busi                                : 3 kali
  • ·         Ganti seal knalpor                   : 1 kali
  • ·         Ganti kampas rem depan        : 1 kali
  • ·         Ganti seal master rem depan   : 1 kali
  • ·         Service carburetor                   : 4 kali
  • ·         Service sockbreaker depan      : 1 kali

Sangat minim bukan untuk ukuran motor yang sudah tua. Dan itu aku lakukan sendiri. Sekarang motor ini memerlukan penanganan yang khusus. Gejala awalnya adalah tidak bisa langsam (idle). Setelah carburetor dibersihkan dan disetting gejala ini tidak hilang.
Kemungkinan yang ke dua adalah adanya kebocoran di system pengapian terutama dari daerah dibawah piston. Dan tersangka utamanya adalah kebocoran dari seal Crankshaft Assy sebelah kiri (bagian magnet), tapi yang sebelah kananpun kemungkinan bermasalah juga, karena ada kebocoran oli juga dibagian mesin.
Sekalian ngebongkar aku dah siapkan juga kalau-kalau plat kompling ama piston sudah aus kemungkinan akan ku ganti sekalian.
Tahap pertama bongkar blok mesin sebelah kiri buat nemukan seal crankshaft yang bermasalah, kemudian bongkar blok mesin sebelah kanan bagian coupling. Sebelumnya oli mesin dikeluarkan terlebih dahulu dan ternyata oli nya sudah agak berkurang. Kesimpulannya seal sebelah kananpun sudah bocor.
Plat kompling setelah dicheck ternyata sudah tipis. Ya… mau gak mau deh sekalian ganti.
Pembongkaran selanjutnya silinder head. Tragedy terjadi. Salah satu baud nya patah. Ya udah lah sekalian bongkar sekalian ganti. Kemudian bagian cylinder block dibongkar juga. Terbukalah piston yang ternyata sudah oblak. Dan kesimpulannya piston diganti plus korter over size dari 0,5 ke 0,75 mantaf dah….
Setelah semua dicheck dan part-part pengganti disiapkan, mesin kembali dipasan seperti sedia kala. Berikut adalah list penggantian part berikut harganya
  1. Oli mesin Shell                        : Rp. 27.000,-
  2. Seal Crankshaft kanan            : Rp. 15.000,-
  3. Seal Crankshaft kiri                : Rp. 15.000,-
  4. Piston  oversize 0,75+ ring      : Rp. 80.000,-
  5. Klip pin piston 2 pcs               : Rp. 10.000,-
  6. Pin piston                                : Rp. 15.000,-
  7. Plat coupling                           : Rp. 30.000,-
  8. Busi                                         : Rp. 10.000,-
  9. Baut tanam cylinder                : Rp. 5.000,-
  10. Ongkos korter                         : Rp. 25.000,-
  11. Rokok, minum + makan          : Rp. 35.000,-
          Total                                        : Rp. 267.000,-

Cuma dengan biaya Rp. 267.000,- motor Yamaha F1ZR tahun 2002 ku sudah bisa turun mesin untuk penggantian coupling, seal, piston + korter over size. Sangat hemat sekali bukan…. Inilah keuntungannya motor 2 tak. Makanya sampai saat ini aku masih setia dengan motor 2 tak walaupun motor tua plus jadul tidak apalah yang penting hemat.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

iya gan emg motor 2tak bener bener murah perawatannya.beda banget sama motor 4tak kayak jupiter mx kalo piston baret langsung kudu ganti block set 800rb lbh -_-


http://ikyrizki.student.ipb.ac.id/

Abuy gikil mengatakan...

Klo ganti laher bekhend sendiri susah gk ohm

Unknown mengatakan...

Malam om kalo oli mesin suka abis kenapa ya om

Unknown mengatakan...

Seal kruk as kanan + O ring bocor, harus ganti baru